Thursday, September 14, 2017

Instalasi Code Igniter untuk Pemula

Belakangan ini saya tertarik dengan CodeIgniter (CI). Saya akui agak sedikit telat memang. Setelah sebelumnya mengoprek Yii, akhirnya saya mencoba untuk mengoprek CI.

Code Igniter memiliki situs resmi di codeigniter.com. Yang membuat saya tertarik adalah slogannya yakni "CodeIgniter is a powerful PHP framework with a very small footprint, built for developers who need a simple and elegant toolkit to create full-featured web applications".

Untuk mendownload CI, bisa merujuk pada halaman codeigniter.com/download

kamu akan mendownload file bernama :

CodeIgniter-.zip

untuk installasi cukup mengekstrak file tersebut ke dalah directory web server kamu.

Saat ini saya menggunakan sistem operasi linux dengan distro Linux Mint. Ketika selesai mendownload, file akan disimpan pada direktory berikut :


Saya menggunakan web server LAMPP (silahkan dipelajari lebih lanjut) sehingga file tersebut harus diletakkan di folder htdocs seperti berikut.


Setelah itu kita tinggal mengekstrak file tersebut.

Cara di atas tidak harus dilakukan secara berurutan. Bisa saja anda mengekstrak terlebih dahulu, kemudian menyalinnya ke folder htdocs.


No comments: